Pencarian pada:
 
Detail Cantuman Resensi
Judul : Berdjoang Loekisan semangat pemoeda Djawa Baroe
Judul Film : Berdjoang
Sutradara : Arifin, Rd
Pemeran : Mohammad Mochtar; Sambas; Chatir Harro; Astaman; Kartolo, M; Machmoed; Dalia; Poeloenggana, R.A.
Publikasi : Jakarta: Soeara Asia, 2604
Penulis : Soeara Asia
Sumber : Soeara Asia, 2 Maret 2604
Subjek : [ Tidak dicantumkan ]

Dari kalimatnja soedah ternjata, bahwa makna dan pokok tjerita film ,,Berdjoang” jang kini sedang bergelora dalam kalboe tiap pemoeda Djawa Baroe.

 

Demikianlah tjeritanja menoetoerkan riwajat hidoep tiga orang Pemoeda. Memang zaman pantjaroba seperti sekarang ini tak memoedahkan seseorang jang sempit pandangnja memilih djalan jang tepat benar dalam penghidupannja. Tetapi kalau kita meloeaskan pemandangan  kita lebih lebar, maka akan nampaklah bahwa dalam zaman seperti jang kita alami dewasa ini ada soeatu djalan, jang menoedjoe ketempat jang berbahagia. Djalan itoe ialah: berbakti kepada Noesa dan Bangsa, bekerdja goena kemadjoean Bangsa dan Tanah Toempah darah kita.

 

Hal ini diperlihatkan setegas-tegasnja dalam film tsb. Tadi. Seorang dari ketiga sahabat tadi mendjadi Heiho., seorang poela pada achirnja berdjasa dalam perekonomian, sedangkan seorang poela setelah melintasi ,,djoerang-djoerang jang tjoeram”  sebagaiakibat perboeatan-perboeatan jang memboeroe kenikmatan lahir achirnja insjaf djoega akan djalan jang benar pada zaman ini.

Tjeritera jang diambil dalam film ini boleh dianggap sebagai soeatoe tjontoh penghidoepan pemoeda kita zaman sekarang, tetapi jang patoet mendapat perhatian dari penonton ialah perkataan-perkataan jang dioetjapkan oleh masing-masing pemegang rol, jang mengandoeng andjoeran-andjoeran jang sesoeai dengan keadaan zaman sekarang.

Achirnja tentang hal tehnik dapat dikatakan, bahwa film ,,Berdjoang” ini dalam segala-galanja mengatasi film-film Indonesia jang pernah dipertoendjoekkan, meskipoen poentjak kesempoernaan  masih belum tertjapai.

 

Pemilihan para pemain sangat pada tempatnja. Teroetama dapat dikemoekakan Mochtar sebagai Hantyo. Dahlia sebagai kekasihnja panggeli hati tjap Kartolo jang dihidangkan setjoekoepnja dan seperloenja.

 

Teroetama para pemoeda dan pemoedi kita perloe menjaksikan film ini, jang moelai malam hari nanti dipoetar di Nanmei Za dan Kranggan Eiga Gekizyo

 

 

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jl. Salemba Raya 28A Kotak Pos 3624
Jakarta 10002 - Indonesia

Jam Layanan

Senin - Jumat : 09.00 - 15.00 (WIB)

Kontak Kami

(021) 929 209 79
(021) 392 7919; (021) 319 084 79 (fax)
info@perpusnas.go.id

©2015 Perpustakaan Nasional Republik Indonesia