Pencarian pada:
 
Detail Cantuman Artikel
Judul : Tiga Faktor Majukan Perfilman Nasional
Penulis : Ukus Kuswara
Sumber : Http://nasional.kompas.com
Subjek : [ Tidak dicantumkan ]

Selasa, 31 Maret 2009 | 02:02 WIB

 JAKARTA, KOMPAS.Com Sejak tahun 2001 perindustrian film Indonesia meningkat signifikan dari segi kuantitas. Tapi sayang, hal tersebut tidak disertai dari sisi kualitasnya.  Demikian diutarakan Direktur Perfilman Nasional Ukus Kuswara dalam acara jumpa pers Hari Film Nasional yang jatuh pada hari ini di Jakarta, Senin (30/3). Kita sadar perfilman Indonesia harus maju. Maka, yang mesti kita perhatikan setidaknya ada tiga faktor, kata Ukus. Ketiga faktor itu, lanjutnya, mesti dilewati untuk mencapai standar bermutu film Indonesia. Faktor pertama, kebijakan nasional seputar regulasi. Saat ini ada 36 aturan dalam UU perfilman. Ke depan kita bisa sederhanakan menjadi 6 saja. Selain itu, tahun ini kami usahakan ada UU perfilman yang baru, kata Ukus.  

Kedua, peningkatan sumber daya manusia insan perfilman. Menurutnya, ke depan di tiap daerah memiliki sumber daya manusia yang handal untuk film. Dengan demikian film-film yang dihasilkan diharapkan dapat memuat kearifan-kearifan lok al. Langkah konkret dalam hal ini adalah penandatanganan MoU antara Fakultas Film dan Televisi IKJ dengan Jababeka serta Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya UI juga dengan Jababeka dalam rangka peningkatan kualitas SDM pada hari ini, tutur Ukus.  

Ketiga, faktor partisipatoris. Semua stakeholders (pemerintah, perguruan tinggi, industri perfilman dan masyarakat) mesti duduk be rsama untuk membicarakan perfilman Indonesia sekarang dan akan datang, kata Ukus.  

Dengan ketiga faktor ini, Ukus meyakini arah perfilman Indonesia ke depan akan lebih cerah. 

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jl. Salemba Raya 28A Kotak Pos 3624
Jakarta 10002 - Indonesia

Jam Layanan

Senin - Jumat : 09.00 - 15.00 (WIB)

Kontak Kami

(021) 929 209 79
(021) 392 7919; (021) 319 084 79 (fax)
info@perpusnas.go.id

©2015 Perpustakaan Nasional Republik Indonesia