Pencarian pada:
 
Detail Cantuman Filmografi
Judul Film : Romusha
Sutradara : Herman Nagara
Produser : Julies Rofi`ie
Pemeran_utama : Rofi`ie Prabancana; Rita Zahara
Pemeran_pembantu : Menzano; Mieke Wijaya; Cucu Afago; Rina Hassim; Hassan Sanusi; Andy Carol; Doddy SukmaA;.Hamid Arief ; Alice Iskak
Keterangan : Diproduksi tahun 1972.
Deskripsi_fisik : Film berwarna; durasi
Media : Seluloid
Subjek : Drama historis
Bahasa : Bahasa Indonesia
Penulis_skenario : Herman Nagara
Penulis_cerita : Rofi`ie Prabancana
Penata_artistik : Ardi Ahmad
Penata_suara : Sutrisno
Penata_musik : [ Tidak dicantumkan ]
Penata_foto : Max Tera
Penyunting : Rizal Asmar
Soundtrack : [ Tidak dicantumkan ]
Judul_lain : [ Tidak dicantumkan ]
Catatan : Film ini sudah lolos sensor, tapi tak beredar karena ditahan Departemen Penerangan. Alasannya: mengganggu hubungan Indonesia-Jepang. Kedutaan Jepang sendiri tak pernah secara resmi melakukan protes, tapi Ny. Julies Rofiie mengaku bahwa pihak Jepang keberatan. Tampaknya jalan tak formal yang ditempuh. Penyelesaiannya: ganti rugi atas tertundanya pengedaran film itu. Tidak jelas siapa yang membayar. Kemungkinan Jepang yang membayar, meski tak ada konfirmasi resmi, karena seluruh proses berlangsung tidak terbuka. Produser ini minta ganti rugi seluruh biaya produkasi berikut bunganya.
Sumber : Katalog Film Indonesia 1926-1995 / JB Kristanto.

Film ini melukiskan kekejaman tentara Jepang semasa pendudukannya sekitar tahun 1943-1944. Rota (Rofiie Prabancana) ditangkap tentara Jepang dengan tuduhan menghasut rakyat. Ia masuk kamp konsentrasi Romusha alias pekerja paksa. Ia mengalami siksaan kejam. Ia berkenalan dengan Nari (Alice Iskak), "fujingkay" atau "Iugun Yanfu" alias perempuan pemuas seks tentara Jepang, dalam hal ini khusus bagi Kapten Akiro Kobayashi (A. Hamid Arief).

Nari dan temannya Mona (Rita Zahara), ketahuan menyelundupkan senjata pada para romusha, karena itu akan ditembak mati. Pada saat itulah para romusha berontak dipimpin Rota. Pasukan Kobayashi kalah, bahkan dia sendiri terpaksa harakiri. Digambarkan pula dalam film ini ratusan romusha dengan keringat darah melakukan kerja paksa, menggempur gunung, membuat lobang perlindungan, gudang bawah tanah dsb.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jl. Salemba Raya 28A Kotak Pos 3624
Jakarta 10002 - Indonesia

Jam Layanan

Senin - Jumat : 09.00 - 15.00 (WIB)

Kontak Kami

(021) 929 209 79
(021) 392 7919; (021) 319 084 79 (fax)
info@perpusnas.go.id

©2015 Perpustakaan Nasional Republik Indonesia